APAKAH KANKER BISA DISEMBUHKAN DENGAN PENERAPAN KRENASI?


Assalamu'alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh...

Sebagian besar orang pasti pernah mendengar istilah penyakit Kanker, atau teman-teman sendiri pernah melihat orang yang terkena penyakit tersebut yang identik dengan suatu benjolan pada bagian organ tertentu. Para ahli farmasi saat ini belum menemukan obat yang pasti untuk menyembuhkan penyakit Kanker yang tidak menimbulkan efek samping pada jaringan lain agar bisa tumbuh normal.

Pada analisa ini, saya mencoba membuat hipotesa yang mungkin bisa dikembangkan oleh teman-teman semua ^_^ . Sesuai dengan judul mungkin teman-teman ada yang belum tau apa itu krenasi? Menurut pakar biologi (guru saya  ^_^), krenasi adalah suatu keadaan yang terjadi apabila suatu sel dimasukkan ke dalam larutan hipertonik (larutan yang pekat, misalnya larutan garam, gula), yang menyebabkan cairan Sitoplasma keluar dari dalam sel tersebut sehingga ukuran sel mengecil. Sebaliknya, jika kita memasukkan sel tersebut ke dalam larutan hipotonik (larutan yang encer) maka selnya akan membesar dan pecah atau disebut juga dengan Lisis.

 Perbedaan sel yang mengalami krenasi dan lisis

Dalam benak saya, apakah bisa sel kanker mengecil atau bahkan mati karena terjadi proses krenasi?
Secara teori dan secara biomolekuler, apabila suatu sel masuk ke dalam larutan yang bersifat hipertonik dapat menyebabkan terjadinya penyusutan pada sel-selnya, karena banyaknya efek dari ion natrium yang tertarik keluar dari sitoplasma sehingga menyebabkan cairan yang ada dalam sel menjadi ikut tertarik keluar dan sel pun mengalami penyusutan. Dalam analisa saya, pemberian cairan hipertonik ini bila dikaitkan dengan kanker secara patofisiologi bisa saja menyebabkan terjadinya penyusutan sitoplasma pada tiap selnya, sehingga secara logis bisa menyebabkan kematian sel-sel kanker tersebut.

Namun ini sifatnya masih hipotesa, sehingga tidak dapat langsung diaplikasikan serta harus dilakukan pengujian ilmiah dahulu, sebab pemberian cairan hipertonik itu sendiri justru dapat menyebabkan sel-sel lainnya ikut mengalami hal yang sama. Bahkan untuk penderita tekanan darah tinggi dapat meningkatkan resiko stroke karena cairan tersebut ikut masuk ke dalam pembuluh darah di otak, dan untuk penderita diabetes akan mengalami penyumbatan darah.

Penyumbatan darah pada otak

Dan untuk bisa menyembuhkan kanker saya rasa akan sulit untuk bisa memasukkan cairan hipertonik agar benar-benar menargetkan sel kanker tersebut. Namun teman-teman semua bisa mencoba untuk meneliti hal ini karena secara logika hipotesa tersebut dapat memungkinkan untuk menyusutkan sel-sel kanker (atau semoga saja ada ahli farmasi atau dokter yang membaca artikel ini ^_^ ).

Demikian artikel seputar analisa saya, semoga teman-teman semua bisa melanjutkan hipotesa ini agar benar-benar bermanfaat di dunia medis dan farmasi.

Wassalamu'alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh...

 Sumber gambar :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9ZyAWXmcHTJ5GUgnIru-YEN47zFwN8rLyG1GoBhJCOyD6XAVqAIW9r7tJg27Dtohk4E78ikUj_9v_LDWPVHri9ohjVMxrRT669CfAKJ-cCcqEGwQ1bkPBXYUZk8gg_1rUlx34B9u8Lls/s1600/Konsumsi-5-Makanan-Ini-Kanker-Tumbuh-di-Tubuh-Anda.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiETOTR-UfcAWOh8eFrUUPfN9qZZmxbReTf8YflZJ6K5gv5Mpn4sMKtHUg6Scl9FlqEqwk0C2LBKi8j0Mn7eGN10bya8dXT07fHd67OMN4hS19VgC1yNQEwzOzQLQ0BLyE3fmPJzVHUaiU3/s1600/osmosis.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSCAF_VkGIg2ph9WusD7y0jz8GQCNf6hTNcZ7_a-IZsCvvoRUzWsw_s6wgUg4dbbVZX1AwKhoJfUs4lIIFXUMwyp40qTGX3648ZHjeTB8OqSH6Qr6Soi2JGiEsBGDiiEV_Dna2Ia6C_pY/s1600/Pengertian+Stroke+Apa+itu+Stroke.jpg


Comments