MENGAPA MATAHARI DAPAT TERBAKAR TANPA OKSIGEN?



Assalamu'alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh...

Di pagi hari kita disambut oleh sinar mentari yang menyegarkan, dan siang hari kita merasakan sensasi yang berbeda dari yang sebelumnya (gerah dan kepanasan ^_^). Fenomena tersebut terjadi sejak 5 Miliar Tahun yang lalu, namun pernahkah teman-teman bertanya bagaimana matahari dapat menyala hingga sekarang? padahal di angkasa hampa akan udara (oksigen).

Matahari sebagai pusat tata surya sudah seharusnya untuk tetap menyala, hal ini terjadi karena adanya suatu reaksi yang disebut dengan Reaksi Fusi Nuklir. Berbeda dari reaksi pembakaran (oksidas), reaksi fusi terjadi karena adanya dua inti atom yang bergabung menjadi atom yang lebih besar.

Lilin menyala karena reaksi oksidasi

Bahan utama penyusun dari matahari yaitu hidrogen, dalam reaksi ini terjadi perubahan dari unsur hidrogen menjadi helium. Matahari memiliki tekanan yang super duper tinggi, sehingga dalam kasus ini terjadi panggabungan dua inti atom hidrogen membentuk atom helium.

Perbedaan inti atom hidrogen dan helium

Nah, dari terjadinya reaksi fusi ini sebenarnya matahari telah kehilangan lebih dari 4 juta kilo massa untuk memancarkan energi. Tapi pasokan hidrogen dalam tubuh matahari terbatas, sehingga energi yang dihasilkan juga akan habis pada waktunya. Oleh karena itu, kita harus menghemat energi untuk generasi 5 Miliar tahun selanjutnya ^_^ .

Demikian pembahasan ilmiah ini, semoga bisa menambah wawasan pengetahuan sains teman-teman semua. Pesan saya mulailah menghemat energi dari sekarang untuk generasi kita selanjutnya.

 Wassalamu'alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh...

Sumber gambar :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhy3W2R_cS42OUkb9VH_sV0pXq4QLHN8JH6Ay_RvpTJSzcqIY6nENETHu0xzEbHXeqZKCmiJUt68mBzPiDEw0laLTkrgaQvJoEKlJJGEsWY5JTNNSHH25szT_rOzTxQE2Uco7xO3csOGY4Y/s1600/matahari.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UEZQuEJwTH4/WCpFf7a5jYI/AAAAAAAALds/fSxvuwr_waYbCMFbX4hF6NA4FQpQ4wG4gCLcB/s1600/iphone-5-wallpapers-hd-558.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUHbtYpwtj2MNsNvi8QgR-Qs0HE3gPD3VwJI7o27Q0wZuZdRZwfFYGNhYHwUjcEb52htvnIcNoIzxDrMz9wEjidinKn0gSuRk5K4s9y7GlmCWc0KlNFd8sgVkx0IhxLhGWuNkDHlz_r0NV/s1600/Listrikstatis3.jpg

Comments